Website Resmi UPTD SMPN 1 BAJUIN

Desa Tanjung Blok IIIA - Bajuin - Tanah Laut - Kalimantan Selatan

"Mencetak Generasi Beriman, Berakhlak Mulia, dan Berkompetensi Unggul"

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIVAN SISWA MELALUI PERMAINAN (GAME) MKJ MATERI KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DI KELAS VII B SMPN 4 PELAIHARI (2016)

Jum'at, 24 Nopember 2017 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 1203 Kali

Permasalahan pada  pembelajaran  PKn di sekolah, khususnya SMP4 Pelaihari adalah diantaranya masalah hasil belajar dan keaktivan  siswa yang rendah, dan demikian pula dengan efektifitas guru dalam pembalajaran juga belum secara optimall. Hal ini ditengarai karena peran guru masih dominan menggunakan ceramah sehingga pembelajaran menjadi monoton dan menjenuhkan bagi siswa, dan pada akhirnya hasil belajar siswa juga rendah.

Penggunaan model pembelajaran permainan (game) MKJ diharapkan dapat  meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran  ini dipilih karena lebih bermakna, menarik, tidak menjemukan, serta dapat merangsang minat dan motivasi siswa untuk belajar sehingga diharapkan hasil belajar dan keaktifan  siswa  pun akan meningkat, dan demikian pula peran guru dalam pembelajaran lebih efektif.

Penerapan dan penelitian ini dilakukan di  SMPN 4 Pelaihari Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B  yang berjumlah 23 orang, 11  laki – laki dan 12 perempuan pada semester 2 (genap)  tahun pelajaran 2015/2016.

Hasil pengamatan dan analisis menunjukkan bahwa  rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 71,5 menjadi 88,4 pada siklus II,   dan aktivitasnya 89,6% pada siklus I menjadi 94,3 % pada siklus II . Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan aktivitas  siwa dalam mengikuti pembelajaran PKn dengan menggunakan model permainan (game) MKJ  ini telah berhasil mencapai target atau harapan yang diinginkan yaitu  meningkatnya hasil belajar dan aktvitas  siswa dalam pembelajaran PKn materi Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat.

Demikian pula dengan efektivitas peran guru dalam pembelajaran, pada siklus I rata-rata 98,8 % menjadi 99,2 % pada siklus II.  Tingkat prosentase ini menunjukkan efektivitas peran guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model permainan (game) MKJ pada pembelajaran PKn materi Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat.

Disarankan kepada semua guru meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru maka hendaknya guru mengajar dengan menggunakan metode dan model pembelajaran yang bervariasi sehingga tidak menimbulkan kebosanan dan kejenuhan siswa dalam mengikuti pembelajaran, khususnya model permainan (game) MKJ

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulilahi rabbil alamin, puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana menurut anda pelayanan di UPTD SMP Negeri 1 Bajuin?

LIHAT HASIL

Statistik Pengunjung